Visi dan Misi

Visi Kecamatan Mandiraja adalah  Visi Bupati dan Wakil Bupati Banjarnegara Tahun 2017-2022 yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Banjarnegara Nomor 32 Tahun 2017, yaitu  “BANJARNEGARA BERMARTABAT DAN SEJAHTERA” :

  1. Dimensi pokok dari martabat lebih mengarah pada dimensi immaterial dalam pembangunan. Diharapkan pada masa yang akan datang masyarakat Kabupaten Banjarnegara dapat memiliki harga diri yang lebih saat bersanding dengan masyarakat daerah lain baik dilevel regional maupun nasional. Pencapaian pokok visi bermartabat ditandai dengan meningkatnya kualitas pelayanan pemerintahaan yang dapat  menciptakan kondusifitas wilayah sebagai msyarat berjalalnya proses pembangunan
  2. Dimensi pokok dari sejahtera lebih mengarah pada dimensi materiil dalam pembangunan. Diharapkan pada masa yang akan datang setiap individu masyarakat Kabupaten Banjarnegara dapat berperan serta aktif dalam pembangunan berkelanjutan sehingga segala kebutuhan dapat terpenuhi utamanya kebutuhan dasar.  Pencapaian pokok visi sejahtera ditandai dengan meningkatnya cakupan pemenuhan kebutuhan dasar melalui peningkatan perekonimian masyarakat berbasis sektor unggulan dengan tetap menjaga kualitas lingkungan hidup.

Untuk menjalankan visi tersebut dijabarkan melalui misi- misi :

  1. Mewujudkan tata kehidupan masyarakat yang tertib, aman, damai dan demokratis;
  2. Mewujudkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan konsep tata kelola pemerintahah yang baik;
  3. Mewujudkan sistem perencanaan pembangunan daerah yang berkesinambungan dan berbasis pada pengembangan ekonomi kerakyatan;
  4. Mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang efektif, efisien, produktif, transparan dan akuntabel dengan tenaga profesional;
  5. Mewujudkan kemartabatan dan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan cakupan dan kualitas pelayanan dasar.

 

Berdasarkan Perturan Bupati Banjarnegara Nomor 84 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organiasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara, yang mempunyai tugas membantu Bupati dalam mengkoordinasikan penyelenggaraan pemerintah, pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan dan tugas yang dilimpahkan Bupati untuk melaksanakan sebagian urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah.

Dari tugas dan fungsi tersebut maka Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara mendukung Misi ke 2 (dua) yaitu Mewujudkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan konsep tata kelola pemerintahah yang baik dan Misi ke 4 (empat ) yaitu Mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang efektif, efisien, produktif, transparan dan akuntabel dengan tenaga profesional .

Misi Bupati dan Wakil Bupati Banjarnegara yang terkait dengan tupoksi Kecamatan Mandiraja adalah Misi Kedua dan Keempat yaitu :

  1. Mewujudkan kualitas penyelengaraan pemerintahan berdasarkan konsep tata kelola yang baik

Kecamatan Mandiraja berupaya memberikan layanan yang baik kepada masyarakat dengan cara peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatatan penyelenggaraan pemerintah daerah dengan cara memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat diharapkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah akan meningkat.

  1. Mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang efektif , efisien, produktif, transparan dan akuntabel dengan tenaga profesional.

Kecamatan Mandiraja dalam upaya mewujudkan tata kelola keuangan yang baik akan lebih efektif dan efesien, dan lebih mandiri dalam segi pembiayaan pembangunan.